Cara Menambah Kinerja RAM dan Memori Internal Yang Penuh

November 14, 2017
Langkah Menaikkan Kemampuan RAM serta Memori Internal Yang Penuh

Beberapa besar yang memiliki Android tentu telah tidak asing sekali lagi dengan problem handphone yang lemot, memori internal yang cepat penuh, dan problem yang terkait dengan memori yang lain. Oleh karena itu kesempatan ini Carisinyal juga akan membahas langkah menaikkan kemampuan RAM dan memori internal supaya tidak mengganggu perform smartphone saat dipakai.


Menaikkan Kemampuan RAM 


Umumnya smartphone Android kelas menengah ke bawah cuma mempunyai RAM sebesar 512 MB sampai 1 GB. Oleh karena itu bila Anda menggerakkan banyak aplikasi dengan sekalian, smartphone Anda juga akan mulai lambat atau arti populernya alami ‘lag’.

Hal pertama yang perlu Anda kerjakan yaitu janganlah sekali-kali memakai task killer untuk tutup semuanya aplikasi itu karna hal itu adalah aksi yang percuma. Ya, memanglah benar saat Anda memakai task killer beragam aplikasi serta sistem itu juga akan tertutup serta smartphone Anda juga akan kembali lancar.

Tetapi hal itu cuma berjalan sebentar karna beragam sistem itu juga akan kembali jalan serta smartphone Anda kembali pada keadaan awal mulanya. Aplikasi seperti task killer, RAM booster, atau RAM optimizer sendiri sesungguhnya cuma memberi dampak placebo tanpa ada memberi faedah yang sesungguhnya pada peranan RAM.

Satu diantara langkah paling baik untuk mengatasinya yaitu dengan ‘membersihkannya’ dengan manual. Langkahnya, bukalah setting – apps lalu tentukan tab running. Disana Anda juga akan lihat daftar aplikasi yang tengah jalan sekarang ini. Silakan baca penjelasan lengkapnya disini.

Bila ada aplikasi yg tidak sempat dipakai, jadi tambah baik dihapus saja. Lalu bagaimana jika ada aplikasi yang cuma kadang-kadang saja digunakannya? Untuk problem itu, manfaatkanlah aplikasi seperti Advanced Task Manager lalu atur supaya beberapa aplikasi itu tidak jalan automatis saat smartphone dinyalakan. Tetapi ingat, jangan sampai memakai aplikasi itu untuk bersihkan aplikasi pada RAM.

Menaikkan Kemampuan Memori Internal 


Makin hari ukuran beragam aplikasi serta game Android makin besar saja. Hal semacam ini sudah pasti juga akan buat memori internal Anda cepat penuh meskipun cuma meng-install sebagian aplikasi saja. Diluar itu, koleksi photo, lagu, sampai video yang Anda punyai juga makin mempersempit ruangan yang ada.



Diluar itu, kemampuan memori internal yang ada untuk pemakai juga umumnya cuma ¾ dari kemampuan yang tercantum dalam spesifikasi produknya. Jadi contoh, smartphone dengan memori internal sebesar 16 GB umumnya cuma sediakan ruangan untuk pemakai sebesar 12 GB saja. Untuk sebagian smartphone Samsung kemampuan itu bahkan juga dapat lebih kecil sekali lagi.

Untuk menangani hal itu, langkah yang paling gampang yaitu dengan menghapus beragam jenis aplikasi serta data yg tidak dipakai. Bila smartphone Anda mempunyai slot kartu microSD, pindahkanlah beragam koleksi photo, lagu, serta video ke dalamnya. Bila smartphone Anda tidak memilikinya, jadi mengubahkannya ke penyimpanan awan (cloud) yaitu satu alternatif paling baik.

Untuk piranti Android dengan OS Ice Krim Sandwich ke bawah, Anda dapat juga mengubahkan aplikasi serta game ke memori microSD. Langkahnya, buka Settings Apps, tentukan salah aplikasi yang menginginkan dipindahkan, lalu click tombol ”move to SD card”.

Sedang untuk piranti dengan OS Jelly Bean ke atas, jadi Anda mesti memakai aplikasi seperti Link2SD untuk mengubahkan aplikasi serta game ke microSD. Tetapi pastinya Anda mesti lakukan rooting terlebih dulu untuk memakai aplikasi itu. Anda bisa berkunjung ke website http :// www. oprekandroid. com untuk langkah rooting beragam smartphone Android.


Tetapi Anda jangan sampai terjerat dengan pernyataan kalau rooting bisa buat ruangan penyimpanan di memori internal juga akan jadi bertambah. Memanglah benar dengan lakukan rooting Anda bisa menghapus beragam aplikasi bawaan smartphone, tetapi beragam aplikasi itu ada pada partisi system.

Berarti, kemampuan pada partisi system memanglah jadi bertambah, tetapi untuk tidak kemampuan partisi yang dipakai untuk menaruh aplikasi yang Anda ambil. Berarti kemampuan memori internal yang bisa Anda pakai akan tidak jadi bertambah sekalipun.

Satu diantara langkah untuk mensiasatinya yaitu dengan meng-install aplikasi tersebut di partisi system, tetapi Anda pastinya mesti telah mempunyai ketrampilan dalam mengerjakannya. Walau demikian paling tidak menghapus aplikasi yang ada pada system juga akan kurangi pemakaian RAM dari sistem yang dipunyainya.

Tetapi dari semuanya langkah diatas, langkah yang paling gampang sudah pasti dengan menghapus beragam jenis aplikasi serta game yg tidak Anda pakai sekali lagi. Menghapus game memiliki ukuran 500 MB pasti juga akan jadi besar kemampuannya serta juga akan memberi ruangan penambahan untuk meng-install 10 sampai 20 aplikasi baru.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
First
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan